Doa, Bentuk Kepasrahan ataukah Gugatan?

Januari 11, 2008

Seorang teman mengirimi saya sebuah puisi pendek berbentuk doa yang konon ditulis oleh seorang gadis kecil asal Belanda.
Dan konon lagi, gadis kecil yang miskin (yatim piatu) itu menuliskannya hanya selang beberapa hari setelah Perang Dunia 1 berakhir.
Begini bunyinya;

Oh, Tuhan, kami tidak punya roti lagi.
Adik kecil lapar dan sakit, sebentar lagi mati.
Oh, Tuhan, alangkah baiknya Engkau,
karena dengan begitu, mulut yang minta roti akan berkurang satu.

.

.

.

.

.

*sedih*

*bertanya dalam hati*
ini sebenarnya sebentuk doa, kepasrahan ataukah gugatan?

68 Tanggapan to “Doa, Bentuk Kepasrahan ataukah Gugatan?”

  1. Praditya Says:

    Haduh… Doa yg unik…

  2. eMina Says:

    kasian sekali anak itu…

  3. eMina Says:

    sudah lama ga hetrik di sini:mrgreen:

    *kabur*

  4. qzink666 Says:

    @ Praditya
    Iya nih..
    Eh, menurut kamu, ini doa apa sindiran buat Tuhan sih?

    @eMina
    eh, ada si mbak..
    *sambit yg hetrik pake pempek sebakul*

  5. bedh Says:

    kalo nggak punya roti beli dong, males banget sih….
    huhuhuhuhu
    saya nggak suka puisinya. saya benci orang yang maki2 jagoan saya.
    wakakakakakak

  6. qzink666 Says:

    @bedh
    minta digampar??!!

  7. Praditya Says:

    Klo kata saya sih ntu sbuah sindiran sbagai bentuk kekecewaan..

  8. bedh Says:

    minta nasi rames aja ah…
    bis orang melayu sih,
    gak suka makan roti. nggak kenyang.
    saya kalo ditampar biasanya bales pake ciuman sakti loh mas…. di bibir.
    mau?

    *mas coba cari film grave of the fireflies deh. ceritanya mirip tapi ini film kartun jepang karya hayao miyazaki keren degh.. percaya degh… gak bohong degh…..
    ok banget degh.
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    cuape deghhhhh

  9. qzink666 Says:

    @Praditya
    Yupp.. Setubuh, bro..
    Ane juga berpikir begito..πŸ˜€

    @bedh
    selain hentai, no way!!

  10. bedh Says:

    dasar, otak mesum.
    sini….
    bagi2 koleksinya.
    hayo… jangan pelit.

  11. qzink666 Says:

    Siapa yang mesum hah??
    Siapa yang mesum hah??
    Bagi?? Donlot sendiri sanah..
    *menyembunyikan koleksi*

  12. erander Says:

    @ 11 dan 12
    Koq rebutan koleksi sih?? jadi ingat puisi diatas loh ..

    karena dengan begitu .. orang yang minta bagi koleksi berkurang satu.

    *langsung pasang hearphone biar ga denger qzink666 teriak*


  13. masih kecil tapi bisa kaya gitu yakπŸ˜₯


  14. *balik lagi*
    πŸ™„

    *nunggu jatah hentai*


  15. *balik lagi*

    *ambil jatah hetrik*

    *tidur siyang*

  16. qzink666 Says:

    @erander
    mahasiswa bapak memang mesum, pak..πŸ˜›

    @caplang[dot]net
    STOP ngomongin hentai!!
    *tendang yg hetrik ke gurun sahara*

  17. Hoek Soegirang Says:

    jahhh? *ngliadh komeng diatas*
    ko fada ngomongin hentai!??!!!
    JAV lebih bagoss kale..
    *digamfar*
    .
    .
    Ah ya, fuisina itu lho? nyanteng sangadh…

  18. rozenesia Says:

    Hentai… JAV… *ngiler*

    Baidewei, saya kalah sama anak kecil itu.😦

    *merasa kalah*

  19. suandana Says:

    puisi itu, sepertinya yang nulis bukan anak kecil deh…πŸ˜•

  20. qzink666 Says:

    @Hoek Soegirang
    Ayo dunks jangan ngomongin hentai lagi, celana saya jadi menyempit nih..πŸ˜›

    Ah ya, fuisina itu lho? nyanteng sangadh…

    nyanteng itu apaan sih, bro?
    *beneran gak tau*

    @rozenesia
    ini lagi ikut-ikutan..
    Btw, kamu memang sepertinya harus banyak belajar dari anak kecil itu, nak..:mrgreen:

    @suandana
    tapi ini beneran lho, pak..
    Tulisan tangan berikut foto anak kecil itu konon ada kok di album dokumentasi terbitan Meulenhoff, en Nederlandsch Album
    ,

  21. danalingga Says:

    Wah!😯

    Ini mah doa satir.πŸ˜†

  22. edratna Says:

    Berdoa membuat kita kuat dalam menghadapi badai cobaan…..betapapun anak kecil tadi yakin bahwa Tuhan akan mendengar doanya, dan itu yang membuat dia masih kuat menahan cobaan.

  23. hadi arr Says:

    doanya pake bahasa belanda kali, jadi tuhannya nggak ngerti, coba deh suruh berdoa di depan Holland Bakery, pake baju compang-camping, dekil dan bau, pasti itu pasti……
    Pasti diusir satpam.

  24. bayu Says:

    bodo ah ama puisinya,..

    saya minta hentai!!

  25. joyo Says:

    wah telat😦
    tuhan adalah segala2nya!

  26. joyo Says:

    *serius*
    gak bisa ngebayangin klo saya adalah sang kakak😦

  27. aRuL Says:

    doa itu adalah apresiasi syukur kita kepada Tuhan…

  28. joyo Says:

    terkadang kematian menjadi jalan pembebasan
    *sok serius pdhl cuma pngen hetr..trixπŸ˜€ *

  29. joyo Says:

    lha gak jadi hetriks😦
    *timpuk aRul pake roti*


  30. doa itu sebenarnya meminta. gugatan juga meminta sih.. jadi sama2x meminta hehehe….

  31. aRuL Says:

    @ joyo : daripada kamu timpuk pake roti.. mending aku makan tuh roti…πŸ˜€

  32. Moerz Says:

    loh ini doa siapa untuk siapa ?
    mau beli roti kok ketuhan yah ke tukang roti lah…:mrgreen:

  33. nicoustic Says:

    keren….bermakna tinggi

  34. qzink666 Says:

    @danalingga
    huahahahaha.. Doa satir??
    Istilah yg bagus tuh, bro..πŸ˜›

    @edratna
    bukannya saking putus asanya sampe anak kecil itu berdoa demikian, bun?

    @hadi arr
    sejak kapan Tuhan nyambi jadi tukang roti, bro??:mrgreen:

    @bayu
    hallah.. Ada yg nyebut2 hentai lagi..πŸ˜›
    *tendang Bayu pake jurus matahari*

    @joyo 1
    tepatnya diatas segala2nya, saking diatasnya sampe2 gak kesentuh akhi..πŸ˜€

    @joyo 2
    gak usah dibayangin, tar horny..
    Lo kan pedhopil..πŸ˜›

    @aRuL 1
    ya.. ya..
    Syukur karena masih mau memberi cobaan pada hamba-hamba yg dicintainya..

    @joyo 3
    hetriks dari hongkong?
    *ngakak sekarat kadal*

    @joyo 4
    eiitts, jangan timpuk-timpukkan pake roti ya, akhi..
    Itu mubazir.. Sedang mubazir dekat dengan kekufuran..
    Bertobatlah, niscaya Tuhanmu akan menuntunmu kembali ke jalan yg lurus..:mrgreen:

    @shinobigatakutmati
    yaah.. Tapi tidak termasuk meminta koleksi hentai saya tentunya, karena saya bukan Tuhan..πŸ˜›

    @aRuL
    rotinya gak dikasih ke anak kecil yg adiknya mau mati itu aja, bro??:mrgreen:

  35. qzink666 Says:

    @Moerz
    kebetulan Tuhan lagi dagang roti, bro..πŸ˜›

    @nicoustic
    terimakasih..

  36. aRuL Says:

    koq jadi ngomongin roti? wakakakakπŸ˜€

  37. aRuL Says:

    doain pak harto ajaπŸ™‚

  38. qzink666 Says:

    Untung roti, daeng..
    Tadi malah ngomongin hentai..πŸ˜›

  39. antarpulau Says:

    *bertanya dalam hati*
    ini sebenarnya sebentuk doa, kepasrahan ataukah gugatan?
    ================
    *menjawab dalam hati*
    itu bentuk rasa syukur kepada Tuhan…πŸ™‚

  40. antarpulau Says:

    bener tuh koment’nya si aRul…πŸ™‚


  41. Saya juga tidak tahu bro … merupakan perwujudan doa apakah itu.
    Setidaknya dia masih mengingat Tuhan … (walau itu dilakukan ketika dia butuh)
    Dia masih menyadari kalau dia sebenarnya bergantung pada suatu Dzat

  42. joyo Says:

    doa itu curhat, jadi bisa macam2 muatannya, gugatan, kpasrahan, ktakpuasan, keinginan, pengakuan.

    *weleh kok sok serius gini aku*

  43. goop Says:

    numpang specchlesss…😦
    btw, adakah yg tau kelanjutannya?? bgaimana nasib si adek?? benarkah dia mati?? atau mungkin holland bakery berbaik hati?? atau ada seorang lain lagi memberikan hiburan hentai dan JAVπŸ˜† akhirnya semua mati…

  44. goop Says:

    hayah….
    ternyata ga jadi speechless, malah berdendang panjang nian…πŸ˜€
    maaf mas qz… saya pamit lagi..
    *mlanjutkan liburan, masih berdendang, tapi dengan menunduk*

  45. brainstorm Says:

    doa cuma untuk orang2 yang lemah..

    coba lo pikir bro, orang berdoa tanpa usaha? apa yg dia dapet? ga ada
    orang berusaha dengan berdoa? apa yg didapet? hasil usahanya
    orang berusaha tanpa berdoa? apa yg didapet?
    hasil usahanya juga..
    so.. tanpa doa pun orang bisa dapet hasil dengan usaha!!

    alah ko’ jadi pinter nih πŸ˜†

  46. qzink666 Says:

    @antarpulau 1
    syukur apa nyindir, bro??

    @antarpulau 2
    yang mana??

    @deKing yang biasa-biasa saja
    saya malah melihatnya sebagai bentuk sindiran ke Tuhan, bro..πŸ˜€

    @joyo
    curhat ke tembok??:mrgreen:

    @goop 1
    konon sang adik benar-benar mati, bro..😦
    *dilarang ngomongin hentai dan JAV disini*

    @goop 2
    selamat liburaaan..
    *mupeng*

    @brainstorm
    itu dia, bro..
    Maka untuk diri sendiri saya lebih suka menyebutnya dgn istilah ‘mensugesti diri’ dan bukan ‘berdoa’.


  47. hm… ada kata-kata konon, kan?
    halah, itu aja dipikirin..:mrgreen:
    *kabur..
    *balik lagi..
    menurut ambo, berdoa adalah bukti kalo seseorang masih percaya tuhan..
    *kabur lagi


  48. *balik lagi..
    ada yang kelupaan tadi.. beberapa kata…

    berdoa adalah bukti kalo seseorang masih percaya BAHWA tuhan ADA..

  49. evan Says:

    doa saya singkat dan sederhana:
    ya..Tuhan, kongkrit.

  50. evan Says:

    sekali lagi, Kongkrit, Tuhan

  51. evan Says:

    Pokoknya Kongkrit, Tuhan.
    Amien.
    Alfatihah.

  52. qzink666 Says:

    @morishige_toyotomi 1
    meski konon, tapi sumbernya kuat lho, bro..πŸ˜›

    @morishige_toyotomi 2
    ya.. Ya.. Meski dia tak selalu adil, bukan??:mrgreen:

    @morishige 3
    *tendang yg hetrik ke penangkaran buaya*

    @evan 1
    simpel??

    @evan 2
    sesimpel apa??

    @evan 3
    oo.. Cuma pengen hetrik..
    Simpel memang..πŸ˜›

  53. eMina Says:

    qzink ada blog lain ya?

    *ditimpuk krn OOT*

  54. qzink666 Says:

    Ada, tapi udah lama gak di apdet. Emang kenapa, mbak??
    *injek-injek yg OOT*


  55. Itu namanya melihat sisi terang dari kehidupan (atau kematian?).πŸ˜€

    BTW, kenapa Tuhan tidak membuat melihat ‘sisi terang’ itu lebih gampang, ya?

  56. regsa Says:

    keinginan dan harapan.. zink

  57. StreetPunk Says:

    kalau kisah tersebut nyata, maka: sebagai ungkapan perasaan yang intinya menyatakan penderitaan mendalam sampai-sampai menyangkut hidup dan mati

    kalau kisah tersebut fiksi, maka: sebagai ungkapan untuk ‘menyentil’ manusia yang hobby menggugat Tuhan

  58. qzink666 Says:

    @Kopral Geddoe
    karena beliau ingin tetap misterius kali, bro..πŸ˜›

    @regsa
    bukannya antara keinginan dan keputus asaan??

    @StreetPunk
    semoga cuma fiktif ya, bro..
    Karena gak ada yg lucu dgn kelaparan..

  59. verlita Says:

    dia itu nyindir Tuhan kayaknya…hmmm
    klo nyindir Tuhan masuk surga ga yah? halahhhh!!!!

  60. deethalsya Says:

    itu btk kepasrahan mas..
    kalo gugatan pasti ke pengadilan..
    masa’ berdoa pake pengacara?!!:mrgreen:
    *nymabung ke mana ini?!! he5x..*

  61. Fourspeedlab Says:

    lebih tepat sebagai sindiran.

  62. mydarkoctavarium Says:

    doanya keren, satire…….
    elo agnostik bro?

  63. mydarkoctavarium Says:

    doanya keren, satire…….
    elo agnostik bro?

  64. qzink666 Says:

    @verlita

    Klo nyindir Tuhan masuk surga ga yah?

    kalo nyindirnya tengah malam dilapangan sambil buka baju sih masuk angin pastinya..:mrgreen:

    @deethalsya
    dt gilaaa…πŸ˜›
    *dudukin dt di kursi pesakitan*

    @FourSpeedLab
    setubuh, bro..

    @mydarkoctavarium

    elo agnostik bro?

    gak tau…πŸ˜€


  65. BTW, bisakah ini diartikan pada suatu bentuk teodisi yang overdosis? Berprasangka terlalu baik…:mrgreen:

    *komen ngasal sambil makan kripik*

  66. qzink666 Says:

    Kalo karya Leibniz kita ambil sebagai patokan bahwa Tuhan yg baik pasti menciptakan dunia yg baik dimana manusia hanya sebagai objek yg harus pasrah menerima takdirnya, saya kira puisi ini tidak termasuk didalamnya, karena meskipun samar-samar saya mencium semangat pemberontakan (gugatan) dalam bait puisi ini..
    *halah, saya kok jadi serius gini*


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: