Serat Arjuna Wiwaha

November 24, 2007

Arjuna Wiwaha berarti “Perkawinan Arjuna”. Syair epis ini ditulis oleh Mpu Kanwa yg menurut dugaan, hidup pada zamannya Raja Airlangga, raja di Jawa Timur sekitar th. 1019-1042. Airlangga merupakan seorang raja yg tersohor yg merencanakan peperangan. Untuk mempersiapkan diri secara mental ia mengundurkan diri dari masyarakat dan bertapa. Kemudian hari dia kembali dari pertapaannya dan mengabdikan diri kepada kesejahteraan kerajaannya. Umum berpendapat, bahwa Mpu Kanwa mempersembahkan karyanya kepada raja Airlangga. Untuk menghormati raja itu ia melukiskan kekuasaannya dgn mengambil arjuna sebagai contoh. Hal ihwal Arjuna mencerminkan kehidupan Airlangga…

Sebetulnya Arjuna itu salah satu tokoh dari Maha Bharata. Di situlah di ceritakan, bagaimana Arjuna menjalankan tapa brata di salah satu bukit di pegunungan Himalaya dgn maksud untuk memperoleh kesaktian lalu memerangi para gandarwa.

Dalam kakawin pun kita berjumpa dgn seorang pangeran Arjuna yg menjalankan tapa brata. Tetapi yg menarik perhatian disini ialah tujuannya yg lebih bersifat manusiawi. Tujuan tapa brata Arjuna Wiwaha bukanlah untuk menaklukkan kekuasaan jahat daripada Gandarwa, melainkan memberikan bantuan kepada keluarga yg di cintainya, agar mereka dapat menaklukkan dunia..
Serat Arjuna Wiwaha terdiri atas tiga bagian:
1. Tapa brata Arjuna
2. Peperangan dgn Gandarwa
3. Hadiah yg diperolehnya

Dalam pembukaan diceritakan, bahwa kediaman para Dewa terancam oleh para Gandarwa di bawah pimpinan raja mereka; Niwata Kawaca. Hanya seorang manusia yg memiliki kesaktian dapat mematahkan kekuasaan jahat. Maka dari itu para Dewa memutuskan untuk minta bantuan dari Arjuna yg namanya telah menjadi mashyur karena tapanya yg tabah. Untuk menguji ketabahannya, para Dewa mulai dgn menggodainya, namun sang tapa tdk dapat di gemparkan oleh bidadari-bidadari yg paling cantik dan selalu perawan sekalipun. Kemudian raja para Dewa, yaitu Dewa Indra sendiri akan mengujinya. Ia muncul dalam bentuk seorang Resi yg menghardik Arjuna, bahwa dgn segala tapa brata dia belum mencapai kesempurnaan, karena sebetulnya dia hanya mengejar pembebasan dirinya sendiri..
Arjuna menjawab, bahwa bukanlah keselamatan diri merupakan tujuannya, melainkan keselamatan orang-orang lain: ia ingin membantu keluarganya dalam peperangan terakhir. Dalam pada itu raja Gandarwa berusaha untuk membunuh Arjuna. Ia mengutus seekor celeng buas, Momong Murka, namanya, untuk mengganggu tapa Arjuna. Tetapi ksatria kita berhasil menewaskan celeng itu. Sayangnya di saat Arjuna melepaskan anak panahnya, Batara Siwa pun turut melepaskan anak panahnya terhadap celeng tsb. Kedua anak panah melebur jadi satu dan menewaskan sang celeng. Siapakah yg lebih dulu melepaskan panah maut itu? Siwa atau Arjuna? Terjadilah perselisihan hebat antara kedua tokoh itu. Dan inilah godaan yg ketiga: Arjuna tdk boleh membanggakan diri, sekalipun (atau justru karena) ia memiliki kesktian. Setelah merendahkan diri dan mengakui kekuasaan Siwa -dan dengan demikian kekuasaan dalam dirinya sendiri- maka ia menerima sebatang anak panah ajaib, Pasopati namanya. Dan dengan demikian berakhirlah tapa bratanya. Tujuan telah tercapai, ia mempunyai senjata untuk merebut kemenangan. Dgn cepat ia ingin pulang, karena itulah tujuan yg sebenarnya: membantu sanak saudaranya.

Tetapi perutusan dari khayangan datang menghadap, minta bantuannya dalam peperangan dgn Niwata Kawaca. Arjuna tdk gembira dgn permintaan tsb, karena itu berarti bahwa tujuannya sendiri tertunda, meskipun pada akhirnya ia setuju. Di buatnya sebuah rencana. Dgn bantuan bidadari Supraba yg sejak lama di pinang oleh sang raja para Gandarwa itu, maka Arjuna berhasil mengetahui rahasia Niwata Kawaca. Kalau pucuk lidahnya terkena, maka ia akan tewas. Tidak lama berselang, terjadilah peperangan, dan setelah mereka bertanding dgn sengitnya, maka akhirnya Arjuna berhasil merebut kemenangan dgn melepaskan anak panahnya terhadap pucuk lidah Niwata Kawaca dan dengan demikian menewaskan lawannya.

Setelah disambut dgn meriah di Khayangan, maka Arjuna mohon diri untuk kembali kepada sanak saudaranya dan membantu mereka juga dalam peperangan. Ia berangkat dgn di bekali wejangan, agar di kemudian hari selalu ingat akan sesamanya.
Maka dengan demikian, tamatlah kakawin itu..

LBNL: Menurut anda, pesan moral seperti apakah yg ingin di sampaikan serat di atas?
Silahkan jabarkan di kolom komentar…

58 Tanggapan to “Serat Arjuna Wiwaha”

  1. danalingga Says:

    Kesimpulankau:

    1. Mencapai kesempurnaan godaannya minta ampun deh, dari yang terang terangan menggoda, maupun yang saking halusnya tidak di anggap godaan.

    2. Untuk mengalahkan musuh, kenali dulu kelemahan musuh

    3. Agar selalu ingat dengan sesama.


  2. Gyah..kemarin juga dibahas saat pelajaran Sejarah kelas XI..😦

  3. qzink666 Says:

    @Hanna
    silahkan..πŸ˜›

    @danalingga
    kesimpulan yg jenius, bang..

    @Michael “D.B.” Ellinsworth
    artikel saya basi dong, bro?πŸ˜†

  4. bachtiar Says:

    saya masih belum paham soal ini . pusing .hehe

    itu paragrafnya terlalu panjang , saya jadi mumet bacanya dan akhirnya gak tau jalan ceritanya .

  5. zal Says:

    ::airlangga itu sama ngga dengan danalingga..??πŸ˜†
    ::serat ini bisa untuk obat melangsingkan engga…???

  6. qzink666 Says:

    @bachtiar
    gitu yak?πŸ˜†

    @zal
    1 jawaban untuk 2 pertanyaan; gak tau

  7. Hanna Says:

    Maklumi yach… Saya ini cuma lulusan sltp. Jadi butuh waktu agak lama untuk memahami cerita ini. Lagian dulu juga belum pernah belajar tentang ini. Okey, sebagai orang awam yang dapat saya petik dari cerita di atas ialah:

    1. Keimanan Arjuan yang tidak tergoyahkan oleh apapun juga. Keuletan dan ketabahannya sangat mengagumkan.

    2. Arjuan memiliki kesaktiaan tapi Ia tidak sombong. Ia tidak merebut kemenangan dengan kesombongan tapi pada akhirnya Ia juga yang menang hingga Ia memperoleh panah Pasopati.

    3. Lebih mementingkan kepentingan orang banyak daripada kepentingan pribadinya.

    Nah, bisakah kita mencontohi Arjuna? Maaf yach, kalo OOT ato ga nyambung.

  8. brainstorm Says:

    wah ini udah termasuk sesat ini!
    ini bid’ah
    bertobatlah wahai anak muda, tidak ada cerita yang benar selain yang islami…

  9. qzink666 Says:

    @Hanna
    sebenarnya saya pun gak terlalu faham dgn budaya keraton, mbak, cuma sok-sokan aja..πŸ˜•

    @brainstorm
    sesama SESATers dilarang saling menghardik..πŸ˜€

  10. eMina Says:

    ini wayang banget:mrgreen:

    pesan moral yang ditebelin itu “agar dikemudian hati selalu ingat akan sesamanya”, menurut saya itu berarti kita tidak menjadi manusia egois, sebabnya kita adalah manusia sosial yang memerlukan kehadiran orang lain.

    karenanya, manusia yang baik adalah yang paling bermanfaat bagi sesama dan lingkungannya. sebab kita tidak boleh hidup hanya untk diri ktia sendiri, tapi sesugnguhunya kita hidup juga u orang lain.πŸ˜€


  11. 1. Mengalah untuk menang, karena yang ter-sulit di dunia ini adalah mengalah-kan diri kita sendiri
    2. Setiap manusia pasti punya kelemahan, “se-sakti” apa-pun dia
    3. Pada akhir-nya kebajikan selalu menang melawan kejahatan. Ah ini seperti-nya sudah biasaπŸ˜‰

  12. suandana Says:

    Saya rasa, komen-komen sebelumnya sudah banyak menjabarkan kandungan moral dari serat itu… Karena itu, saya nambah satu aja… Kalau menginginkan sesuatu, jangan lupa berdoa! Memohon kepada Yang Maha Kuasa…

  13. joyo Says:

    lha saya kok gak nangkap klo ada pesan moral ya disitu, yg paling menarik cuma ini:

    bidadari-bidadari yg paling cantik dan selalu perawan

    πŸ˜€

  14. qzink666 Says:

    @eMina
    yah, menjadi berguna bagi orang lain memang sebentuk kepuasan hidup, mbak..

    @extremusmilitis
    untuk nomor 3 kayaknya gak selalu deh, bro..😦

    @suandana
    berdoa? Hmm, satu ritual yg jarang bahkan hampir gak pernah saya lakukan..
    *menyesali diri*

    @joyo
    kelakuan!!

  15. regsa Says:

    kesimpulannya menurut saya.
    untuk mendapatkan kebahagian yang hakiqi manusia diwajibkan berdoa/ tapa brata, n melakukan perang terhadap hawa nafsu didiri.Bila manusia dapat melewati tahapan itu maka dia berhak membawa pulang hadiahnya …

    nyambung ngak nyambung yg penting comenku banyakk ..πŸ™‚

  16. bedh Says:

    bentaryah mo comment tapi gi ngelag dulu bentar ngakak baca comment brainstorm

  17. bedh Says:

    pesan yang saya tangkap dari cerita diatas:
    1. kalo ingin jadi Hero kita harus membela keluarga
    mungkin pendapat ini yang di lakukan oleh pangeran diponegor yang berontak (baca:berjuang) setelah tanah perkuburan keluarganya di ganggu oleh belanda.
    seperti cutnyakdien makin menggila setelah teuku umar di bunuh oleh belanda, seperti Batman, Punishmen, spiderman, yang menjadi hero setelah keluarganya dibunuh.
    2. kalo mau membunuh orang yang mengancam kekuasaan potong saja lidahnya
    3. seorang wanita cantik walaupun bidadari tidak dapat memegang rahasia (ingat bidadari Supraba, pacar samson)

  18. urunrembug Says:

    baik.. akan saya unkapkan pesan moralnya

    1. arjuna sangat manusiawi
    2. ternyata arjuna lemah syahwat (buktinya ga doyan sama bidadari)
    3. cerita ini tetap sesat karna tidak mencerninkan budaya padang pasir dan tidak ada nama2 arab disini

    sekian terimakasih

  19. qzink666 Says:

    @regsa
    penjabaran yg bagus, bro..

    @bedh
    baru tau saya kalo bidadari Supraba itu pacar Samson..πŸ˜†
    Samsonnya Betawi gak, bro?

    @Abu Urunrembug Al-Brainstorm
    aduh, akhi kenapa ganti nama?

  20. bedh Says:

    jah salah sedikit juga salah tanda baca doang tapi kan ada tnda komanya jadi nggak bisa di samain dong bidadari Supraba sama pacar samson soalna pacar samson kan Mirasih Tyas Endah alias tyas. payahni nggak pernah liat infotai men

  21. qzink666 Says:

    Bukannya kalo menurut bahasa indonesia, untuk dua variabel harus pake kata sambung/penghubung, bro?
    Btw, sorry deh..
    Iya nih gak pernah liat infotainment..πŸ˜›

  22. eMina Says:

    —qzink—
    jangan cuma menyesali diri
    klo qz gak pernah berdoa atau meminta pada Yang Maha Kuasa, jadi bagaimana qz merasa mendapat kekuatan dan spirit u tetap bisa melanjutkan hidup?

    kayaknya, bakal gersang sekali ya…😦
    berdoalah, dan percaya bahwa Tuhan Yang Maha Kuasa amat mencintaimu. klo tidak, mungkin sekarang qz akan dicabut nikmatnya untuk tetap hidup.

  23. qzink666 Says:

    Akan saya coba, mbak..πŸ˜›

  24. bedh Says:

    tenang mbak eMina, qzink666 sepertinya akan masih berumur sedikit lebih lama….
    saya rasa dalam waktu2 dekat ini qz tidak akan di cabut nikmatnya karna setahu saya qz di berikan sedikit kebebesan untuk menggoda manusia sampai akhir zaman, untuk nantinya dimasukkan ke dalam neraka selama-lamanya.

    wakakakakakak.

  25. bedh Says:

    mudah2an saya tidak menggoyangkan pribadi manusia unggul dengan tanggapan guyonan murahan saya tadi.

    :peace:

  26. qzink666 Says:

    @bedh
    kamu kejam, sayang…😦
    *berniat menggoda bedh untuk teman di neraka nanti*

  27. eMina Says:

    —bedh—😯

    menggoda manusia?
    saya engga paham.

    btw. mengenai cerita arjuna wiwaha, saya juga lumayan suka kisah2 wayang.
    saya suka nonton wayang golek sih, dulu:mrgreen:
    tokoh arjuna lumayan saya sukai juga.
    tapi ada perbedaan dengan versi india -nya (mungkin itu versi asli?)

    di versi indo kisahnya lebih diperhalus sesuai ketimuran, misalnya arjuna yang nikah sama subadra dan srikandi.

    padahal di kisah aslinya, srikandi itu memang perempuan, tomboy, dan jatuh cinta sma perempuan lagi (lesbikah?. akhirnya dia bertapa agar bisa berubah jadi laki2. dan….
    hensin!! berubahlah ia jadi laki2 sejati. menikahlah ia dengan wanita pujaannya itu. cerita yang sangat aneh….
    😯

    eh kenpa qz ga membahas tentang srikandi ya?
    benarkah srikandi itu lesbi?

    mengapa

  28. qzink666 Says:

    Tadinya malah pengen membahas Dr. Faust versi Goethe, mbak..
    Kalo soal Srikandi yg konon lesbong, saya malah baru dengar tuh, mbak..
    *tanya mbah google*

  29. ika Says:

    sama kek komen nomor dua,,saya mencerna dulu krn terus terang ini ‘menu’ baru buat saya,,hiks

  30. joyo Says:

    Bro, request serat Centhini dung

    *membayangkan bidadari2…*

  31. bedh Says:

    *mupeng mode : on
    bayangin Centhini

  32. qzink666 Says:

    @ika
    ati-ati mencernanya, mbak, nanti keselek..πŸ˜€

    @joyo | bedh
    wekk.. Serat centhini itu porno ya, akhi.. Dulu-dulu kan pernah dilarang MUI..
    Tapi tar deh, requestnya di tampung dolo..
    *sok jadi penulis seleb*

  33. joyo Says:

    wah bro centhini tu gak porno, yg porno avatarnya Bedh, bahkan melanggar HAM, eksploitasi anak kecil.πŸ˜€

    *ngelus dada*

  34. bedh Says:

    lah knapa melanggar ham?
    justru saya yang harus di lindungi
    kan saya cuma anak kecil yang lagi berlindung di balik benteng takut di eksploitasi oleh bloger dewasa seperti kalianπŸ™‚

  35. brainstorm Says:

    yaa akhy.. antum2 ini sedang membicarakan apa sih?? ga takut di cap sama syahbal kafir apa ya?
    btw, nama “abu urunrembug al brainstorm” bagus juga tuh.. jadi lebih islami sepertinya

    *sambil mikir buat ganti nama*

  36. qzink666 Says:

    @joyo
    Akhi baru tau kalo bedh itu pedophil?πŸ™‚
    Kalo saya bahas centhini, takutnya para pembela tuhan (dgn ‘t’ kecil) bakal eksodus besar-besaran kesini, bro..πŸ˜›

    @bedh
    *melihat avatar*
    tapi itu memang melanggar HAM, akhi..πŸ˜›

    @brainstorm
    Syahbal gak bakal kesini, akhi.. Beliau kan udah di kontrak khusus untuk komen di blognya Joyo dan Danalingga..πŸ˜›
    *nunggu brainstorm bener-bener ganti nama*

  37. Sayap Ade Says:

    Setiap hari Ade mampir disini, tapi hanya bisa membaca dan tidak mampu berkomentar.. Ade datang lagi hari ini. Bertamu.

    -Ade-


  38. jadi bikin tato Arjuna?
    ato bidadari yg slalu perawan Pasopati?πŸ˜†

  39. qzink666 Says:

    @eMina
    kenapa shock, mbak?

    @Sayap Ade
    makasih ya..πŸ˜€
    *merasa tersanjung*

    @caplang
    ya gak lah..
    Sayang, gambarnya gak bisa di pajang disini, soalnya terletak di bagian tubuh saya yg paling diminati cewekpribadi..πŸ˜›

  40. ordinary Says:

    nunggu qzink apload tatonya ajah
    kayanya lebih menarik itu
    *pelajaran sejarah bukan pelajaran fav ku, saya biasa bolos di jam itu*

  41. joyo Says:

    saya masih percaya bahwa serat centhini lebih sarat pesan moral:mrgreen:

  42. qzink666 Says:

    @ordinary
    tubuh saya memang menarik, mbak May..πŸ˜›

    @joyo
    iya sih.. Serat centhini memang tidak cuma membahas sex tapi juga soal perkawinan dan perempuan..
    Sebagai pemanasan bagaimana kalo kita bahas perempuan versi Nabisi kontroversial Zarathustra dolo, bro..πŸ˜›


  43. RAJA AIRLANGGA CONTOH SEBUAH PRILAKU MANUSIA YG PATUT KITA CONTOH, RAJA AIRLANGGA MEMENTINGKAN KEPENTINGAN RAKYAT DR PADA KEPENTINGAN PRIBADI .. SABAR , SOPAN , JUJUR KITA PATUT MENIRU

  44. Wonosingo Ngali Kidul Says:

    Cerita in bukan hanya bagus…..jalan cerita singkat dan padat. Menurut cerita tersebut apa yang di lakukan Arjuna bagaimanapun dia tetep manusia…dan dalam pewayangan para dewa, tokoh wayang, punokawan itu mempunyai makna sendiri2 dan itu semua terkandung dalam Kitab.]
    Bukan hanya Kitab memuat tentang cerita wayang itu sendiri tapi proses pencapain wayang itu sendiri sudah ada sebelum yang namanya,: Hindu , Budha Islam Dan Kristen……
    Bagaimanapun sesaktinya Arjuna tidak boleh sombong dan gentur tapanya pun tak boleh berlaku angkuh…Coba para anak muda cari akar masalah semua ini…..

    Dan yang islam jgn hanya condong pada Timur Tengah (musyrik), Yang Hindu, Budha dan Kristen Cari itu semua d kitab kalian……

  45. Wonosingo Ngali Kidul Says:

    Dan cerita itu sendiri mengandung makna yang dalam…..coba renungkan dan pahami kenapa ada Arjuna, terus dewa dan pasopati….

    Inilah PR buat anak muda……
    heheheheheheeheheheheheeeeeeh

  46. Gutheng Says:

    wah,…kita baru saja mentasin arjuna wiwaha. pementasannya wayang wong gaya yogyakarta.
    tambahan Bro! sebelum bertapa, arjuna mengubah namanya menjadi Begawan Suciptoning untuk menyamarkan identitas aslinya. Nah loh, apa maksudnya? kenapa perlu menyamar?

  47. rumah teduh Says:

    salam kenal. revolusi pernah mati terbunuh di tengah perlintasan KA di kampungku. dan sejak hari itu sebuah papan reklame besar didirikan kaum Khutzam. di situ ada gambar pak Lois Pasteur sedang mencontek pergerakan kelopak anggrek sebagai nasib terakhir di bumi.

  48. yusuf Says:

    gila lo. bleean pisan bisa nyien carita teu sih, nu prikitiwww keeeee saetik

  49. yusuf Says:

    smeleketek

  50. adien Says:

    gila so sweet be-ge-te sech loeeeeeeeeee

  51. adien Says:

    hey kenaalin gueeeee adieeeeen mo kenallll ga, kalo mao hub di 085759162119

  52. qzink666 Says:

    @Yusuf
    Saya kurang paham bahasa Sunda, tapi dari yang saya tangkap sepertinya anda mencela tulisan ini. Kalau begitu bijimane kalau anda tulis cerita versi anda yang lebih bagus di blog anda?

  53. arien Says:

    lagi belajar mempelajari sejarah dan cerita pewayangan….
    kebetulan cerita ini aku baru tahu πŸ˜€
    mkasih mas jadi nambah pengetahuan….

  54. desiiii Says:

    ada gax cerita arjuna wiwaha itu pake bahasa bali…..πŸ™‚


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: